Friday, July 5, 2013

Korek Harian Piston Yamaha RX-King


ManiakMotor – Ini hanya bicara seputar korek jalanan pada piston Yamaha RX-King. Yang diulas pun hanya bagian pantat. Soal korek harian yang lebih tokcer  klik saja atiklelnya di TIPS LAINNYA, di situ lengkap soal kohar si Jambret. Korek piston ini  referensi, ya digabung-gabung jadi ilmu tambahan. Tambahan untuk melengkapi sebelumnya. Namanya juga korek harian, berarti ringan, hanya mendesain pantat piston seperti ‘M’.
Kebetulan model korekannya macam huruf awalan portal ini. Dengan coakan ala  ‘M’, saat piston di TMA, kabut yang dikelola reed valve akan mudah menuju kompresi primer atau awal. Kompresi ini terjadi di ruang kruk-as (crankcase) ala 2-tak. Desain pojok kiri-kanan pada 'M' dibikin melengkung, bukan 'M' garis lurus yang siku-sikunya tegak.
“Bukan hanya itu, uap juga cepat ke ruang bakar. Sebab, gunanya ‘M’ agar bensin dari manifold tidak membentur piston. Uap datang dengan bentuk bulat,” kata  Bung Ihfam, dia pengorek RX-King harian di Kebagusan Raya, Jakarta Selatan yang bengkelnya penuh sesak dengan RX-King. Dia seperti tahu model uap di ruang kruk as. Kan katanya bulat...
Yang dibentuk ‘M’ depan bagian bawah piston. Model sebenarnya silakan lihat foto. Membuatnya boleh ke tukang bubut dan dikerjakan sendiri. Asal punya pisau tunner. Sebenarnya ini hanya meneruskan dua lubang asli pada piston. Makanya, model papasan bagian atasnya jangan sampai melewati lubang aslinya. Katanya kalau itu terjadi, sampeyan akan kecewa dan gelisah. Maklum, sudah hilang waktu mengerjakannya, hasilnya nooool. 
Nah silakan dicoba dan dikombinasi dengan korek harian sebelumnya. Ngomong-ngomong, bila diperhatikan jelas, justru desainnya bukan M, tapi CD.  Hehe... Ghal

0 komentar:

Post a Comment