sambil baca mending ngopi dulu :D hehehe
udah pada tau kan JEROAN karburator itu apa ???
JEROAN karburator paling sering disebut spuyer, pilot-jet dan main-jet. Padahal, masih banyak spuyer yang lain. Kedua spuyer ini masih dibantu komponen yang lain. Tentu, belum banyak yang tahu tugas masing-masing. Makanya, mari diurut fungsi utama komponen itu.
Air Screw
Sekrup udara (air screw), tugasnya mengatur suplai udara dari lubang
kecil di moncong karburator ke pilot-jet. Karena itu, salurannya lansung
menuju ke rumah pilot-jet. Artinya, udara ini natinya akan membantu
bahan bakar dikabutkan pilot-jet. Dia termasuk pemancing utama mesin
menyala. Setelan skrup udara mesti diset presisi. Contohnya, mesin 4-tak
yang lebih irit, setelan sekrup udaranya 1,5 putaran. Sedangkan 2_tak
agak boros, umumnya menganut 2,5 putaran. Makin boros bahan bakar,
bukaan setelan udara mesti lebih besar.
Pilot-Jet
Setelah menerima hawa dari sekrup udara, pilot-jet beraksi mengabutkan
bensin sejak mesin dinyalakan. Sesuai dengan namanya, kata pilot sama
dengan pilot pesawat terbang. Sedangkan kata jet, berarti sebagai
penyemprot atau penyembur. Kesimpulannya, pilot-jet sebagai pengemudi
awal semprotan bahan bakar dan bekerja pada putaran rendah. Ukuran
tinggi pilot-jet semua 50. Sedang rata-rata ukuran pilot-jet pada motor
standar 17,5 sampai 25.
Main-Jet
Setelah melewati 5000-6000 rpm, pilot-jet akan dibantu main-jet.
Soalnya, suplai dari pilot-jet tidak mencukupi konsumsi putaran tinggi.
Banyak orang berprasangka, diatas 5000 rpm hanya main-jet yang bekerja.
Padahal, pilot-jet dan main-jet bekerja bahu membahu. Maknya, main-jet
tidak mengandalkan udara dari sekrup setelan udara. Dia langsung
memanfaatkan udara lansung (by-pass) dari boks saringan-udara.
Needle Jet
Ini nama keren dari jarum skep. Jarum terpasang di slongsong skep (katup
gas). Keduanya saling mendukung. Tugas jarum skep, membuka dan menutup
saluran isap yang disemprotkan pilot-jet dan main-jet. Kalau grip gas
diputar, kabel gas akan mengangkat selongsong skep dan jarumbya. Saat
itu, jarum akan membuka lubang semprot liang isap secara bertahap.
Makanya, ujung jarum skep dibikin seperti jarum jahit, gede di pangkal
dan mengecil di ujung. Dengan begitu, dia sensitif mengatur debit bahan
bakar.
Bukaan jarum skep menentukan besar kecilnya putaran mesin. Jika jarum skep terangkat maksimal alias gas diputar habis,lubang yang disumbat jarum pun terbuka penuh. Seingga bahan bakar menerobos bebas. Akibat suplai gede, ledakan di ruang silinder ikut memperbesar dan putaran mesin pun makin cepat.
Sedangkan katup gas, menutup dan membuka venturi. Tugas utamanya menghalau aliran udara agar tidah berlebihan masuk ke ruang bakar.
Jarum Pelampung
Sebenarnya, jaru pelampung (Valve needle) dan pelampung sebagai standar utama takaran bahan bakar di mangkuk karburator. Begitu mangkuk penuh, pelampung langsung terangkat dan mendorong jarum menyumbat bahan bakar dari tangki bensin. Cara kerjanya mirip bola pelampung di bak penampung air siraman WC model duduk. Begitu bak penuh, suplai air pun berhenti karena tuasnya terangkat akibat bolanya mengambang.
Ada kalanya rumah jarum skep kotor atau ujung jarumnya aus. Akibatnya bensin ngocor terus. Sampai melebihi kapasitas mangkuk dan keluar lewat lubang pembuangan. Kita pun berteriak, wah, karburatornya banjir.
Bukaan jarum skep menentukan besar kecilnya putaran mesin. Jika jarum skep terangkat maksimal alias gas diputar habis,lubang yang disumbat jarum pun terbuka penuh. Seingga bahan bakar menerobos bebas. Akibat suplai gede, ledakan di ruang silinder ikut memperbesar dan putaran mesin pun makin cepat.
Sedangkan katup gas, menutup dan membuka venturi. Tugas utamanya menghalau aliran udara agar tidah berlebihan masuk ke ruang bakar.
Jarum Pelampung
Sebenarnya, jaru pelampung (Valve needle) dan pelampung sebagai standar utama takaran bahan bakar di mangkuk karburator. Begitu mangkuk penuh, pelampung langsung terangkat dan mendorong jarum menyumbat bahan bakar dari tangki bensin. Cara kerjanya mirip bola pelampung di bak penampung air siraman WC model duduk. Begitu bak penuh, suplai air pun berhenti karena tuasnya terangkat akibat bolanya mengambang.
Ada kalanya rumah jarum skep kotor atau ujung jarumnya aus. Akibatnya bensin ngocor terus. Sampai melebihi kapasitas mangkuk dan keluar lewat lubang pembuangan. Kita pun berteriak, wah, karburatornya banjir.
Nah gimana sekarang udah pada tau kan , SEMOGA BERMANFAAT :D
0 komentar:
Post a Comment