Friday, September 27, 2013

GUNTING KATUP BULUH TENDANGAN BALIK BISA DIBUNUH ( Yamaha RX-Z )

    Malam semua... :D gmn kabar nya niehh ?? sehat semua kan...!!! hehehe....
Pada posting kali ini gw akan membahas Tentang KATUB BULUH , dari pada kita mahal2 beli Katub Buluh racing , Mending kita buat sendiri .
Gmn menurut kalian ???
Ada yg tau cara nya gga ???
Ya klo blom tau ayo kita simak baik2 yah :D heheheh.....

Cekidoooott :

    Jadi lidah katup buluh racing yang dibuat dari serat karbon, di lintasan agak merepotkan. Soalnya, lidah model ini rentan terhadap panas. Yang ngotot memakainya kudu rajin memeriksa setiap tiga kali ikut balap. Jika diterapkan pada motor sehari-hari daya tahannya cukup tiga bulan, selanjutnya lidah harus diganti.
    Soal tahan panas, justru katup buluh standar lebih kuat. Kekurangannya, standar terlalu lembek. Padahal, buat aplikasi balap diperlukan yang lebih kaku. Maka katup buluh standar perlu dimodifikasi berlapis dua. Tapi, pelapis kedua bukan berfungsi sebagai katup buluh. Kerjanya hanya mengganjal untuk mengurangi kelenturan. Dengan teknik itu, biar campuran udara tak membalik ke karburator .
                                                 katub standar (kiri) dan katub guntingan (kanan)
Tentu, kiat itu bisa untuk motor sehari-hari dan semua tipe motor 2-tak berkatup buluh. Kali ini yang menjadi objek terapan Yamaha RX-Z. Anda perlu beli satu set lidah katup RX-Z, lalu sediakan gunting, kunci sok/ring 12, obeng kembang dan min .
                                                                bukaan celah katub 11 mm

             Nah ini dia cara pembuatan nya sobat , simak yah biar bisa di pahami :D
  1. Gunting sisi atas dan samping keempat lidah yang akan menjadi pelapis. Patokan ukurannya, tinggi 20 mm, lebar 10 mm. Hati-hati, jangan menggunting konstruksi dan lubang di bagian bawah lidah. Karena lubang ini tetap brfungsi sebgai dudukan pengikatnya.
  2. Lepas karburator sambil membuka klem dari saringan udara dan klem karet (flens) saluran masuk dengan obeng min. Tarik karburator ke arah kanan.
  3. Buka saluran masuk berikut rumah katup buluh sambil melepas empat baut pengikatnya dengan kunci ring 12. Tarik lubang masuk beserta rumah katup buluh.
  4. Lepas empat sekrup penahan lidah katup dan pembatas celah bukaan lidah. Gunakan obeng kembang ukuran sedang.
  5. Pasang secara bersusun lidah katup dan pelapisnya. Posisikan katup berlapis berada di antara katup buluh utama dan pelat pembatas celah buka.
  6. Kalau sudah terpasang, sekarang perlu setel pelat pembatas dengan bukaannya. Pastikan katup buluh membuka sejarak 11 mm.
                                                                              gunting katub standar dengan rapih

Nah gmn sobat udah pada paham blom ??
Klo udah saya ingin mengingat kan cara ini tidak hanya bisa di gunakan di YAMAHA RX-Z saja
tapi cara ini bisa di praktekkan pada Kuda-Kuda 2 Tak lain nya .

Sampai sini dulu yah
Nanti kita sambung lg di posting berikut nya :D

Semoga bermanfaat bagi kalian ...

0 komentar:

Post a Comment