Tiga Jurus Buat Motor Kencang
korek mesin motor ,Ada tiga jurus bikin motor jadi kencang,salah satunya lo bisa liat besutan pabrikan garputala jupiterZ tahun 2006.
besutan jupiter semuanya masih bawaan pabrik tidak ada yang gw ganti.
sebelum dijelasin tiga jurus bikin motor jadi kencang,pertama-tama kita harus tau mau di bawa kemana arah spek balapnya.
lo mau bikin standar tapi kencang yang biasa kita sebut kohar (korekan harian) apa lo mau yang lebih dari itu,semua itu ada jawabannya tergantung kalian dan modal kalian.
JURUS PERTAMA (CARBURATOR )
Kita bermain simpel,artinya kita usahakan bermain yang tidak mengeluarkan biaya banyak contohnya kita bermain di CARBURATOR.
biasanya motor bawaan pabrik respon awal sangat galak tapi untuk melaju kencang sangat sulit,itu dikarnakan sepuyer yang dipakai berukuran kecil sehingga pasokan bensin kurus(kurang) motor jadi gesit di putaran bawah tapi top speednya loyo.
semua itu bisa diatasi dengan mengganti sepuyer pada karburator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya,tapi jangan asal ganti,karna dapat mengakibatkan motor jadi berebet.
JURUS KEDUA (PENGAPIAN )
Di dalam motor standar,pengapian sudah di tentukan atau sudah di batasi dari pabrik atau sering kita sebut pengapian LIMITER.
Dan itu bisa diatsi dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing,bagi yang tidak mau mengganti CDI bisa di akali dengan menggeser pengapian.
Cara menggeser pengapian itu juga sangat mudah,kita tinggal melepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan pulser,tapi jangan sembarangan menggeser karna dapat berakibat motor susah hidup.
JURUS KE TIGA (CAMSAFT )
Camsaft atau sering kita sebut NOKEN AS sangat berperan penting dalam mesin berbasis 4TAK sedangkan untuk mesin berbasis 2TAK di tentukan oleh porting,untuk yang satu ini saya tidak bisa mengulas lebih dalam dikarnakan saya takut kalian belum mengerti derajat untuk merubah camsaft untuk mesin 4TAK dan juga berapa milimeter untuk mengangkat porting untuk mesin 2TAK semua itu harus dengan pembelajaran yang serius dan sungguh-sungguh.
sebelum dijelasin tiga jurus bikin motor jadi kencang,pertama-tama kita harus tau mau di bawa kemana arah spek balapnya.
lo mau bikin standar tapi kencang yang biasa kita sebut kohar (korekan harian) apa lo mau yang lebih dari itu,semua itu ada jawabannya tergantung kalian dan modal kalian.
JURUS PERTAMA (CARBURATOR )
Kita bermain simpel,artinya kita usahakan bermain yang tidak mengeluarkan biaya banyak contohnya kita bermain di CARBURATOR.
biasanya motor bawaan pabrik respon awal sangat galak tapi untuk melaju kencang sangat sulit,itu dikarnakan sepuyer yang dipakai berukuran kecil sehingga pasokan bensin kurus(kurang) motor jadi gesit di putaran bawah tapi top speednya loyo.
semua itu bisa diatasi dengan mengganti sepuyer pada karburator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya,tapi jangan asal ganti,karna dapat mengakibatkan motor jadi berebet.
JURUS KEDUA (PENGAPIAN )
Di dalam motor standar,pengapian sudah di tentukan atau sudah di batasi dari pabrik atau sering kita sebut pengapian LIMITER.
Dan itu bisa diatsi dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing,bagi yang tidak mau mengganti CDI bisa di akali dengan menggeser pengapian.
Cara menggeser pengapian itu juga sangat mudah,kita tinggal melepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan pulser,tapi jangan sembarangan menggeser karna dapat berakibat motor susah hidup.
JURUS KE TIGA (CAMSAFT )
Camsaft atau sering kita sebut NOKEN AS sangat berperan penting dalam mesin berbasis 4TAK sedangkan untuk mesin berbasis 2TAK di tentukan oleh porting,untuk yang satu ini saya tidak bisa mengulas lebih dalam dikarnakan saya takut kalian belum mengerti derajat untuk merubah camsaft untuk mesin 4TAK dan juga berapa milimeter untuk mengangkat porting untuk mesin 2TAK semua itu harus dengan pembelajaran yang serius dan sungguh-sungguh.
JURUS PERTAMA :
Gambar diatas saya beri nomor urut 1 sampai
3 sebenarnya pada gambar 1sampai 3 semua itu gambar karburator bukan
ukuran standar bawaan motor, yang bikin motor kita jadi kenceng bisa
maenin karburator aja dengan cara mengganti sepuyernya dengan ukuran
yang lebih besar ,tapi ku saranin buat motor yang benar-benar standar
kita naikin spuyer jangan terlalu besar minimal kita naikin 5 sampai
maksimal 10,tapi kalo kita mau rombak yang agak ekstrim lo bisa lemer
karbu,biasanya ada batasan buat ngelemer karbu kita,ku saranin remer 1,5
sampai 2mm,itu juga ga bisa kita kerjain sendiri kita musti singgah ke
tukang bubut.
Jadi gak bisa sembarangan
and kita anggap enteng karna kalo lemer karbu resikonya sangat
besar,karbu kita gak bisa di balikin jadi standar lagi dan kalo salah
sedikit aja pada lemeran kita itu berakibat motor kita susah di seting
dalam arti kata jadi ngawur tu setingan,jadi gw saranin buat pemula
kita cukup main sepuyer aja karna gak beresiko tinggi dan bisa di
balikin jadi standar lagi.palagi buat harian,,,ya gak?????
JURUS KEDUA :
Di atas lo bisa liat, itu yang di namain CDI
atau banyak orang awam bilang perangkat pengapian tapi sekali lagi gw
minta maaf sama kalian karena semua contoh gambar tersebut ku ambil
dari INTERNET semua,karna gw gak punya kamera digital maklum orang susah.
Buat
yang satu ini ku gak bisa ngasih penjelasan yang kongkrit karna dalam
pembelajaran ku CDI atau perangkat pengapian ini sudah di buat
permanen,kita semua gak bisa ngerubah apa lagi kutak kutik tu CDI bisa
gak idup motor kita alias MAMPUS,tapi semua itu ada jalan keluarnya
,kita liatkan gambar diatas ada 2 CDI,yang gak ada logonya itu CDI
standar pabrik and yang satunya CDI racing,setiap motor standar
biasanya perangkat CDInya menggunakan CDI yang LIMITER
sehingga kita tidak bisa geber motor hingga maksimal karna sudah
dipatok hanya bisa digeber misalkan Cuma 10000rpm gak bisa lebih
,sedangkan CDI racing pada gambar yang ada disamping gambar CDI standar
tersebut menganut sistim CDI unlimiter artinya rpm yang di hasilkan gak dipatok bahkan bisa melampaui rpm standarnya.
Oleh
karna itu ku saranin ma kalian jangan main-main sama perangkat yang
satu ini,mending langsung lo ganti aja CDI yang standar ama yang RACING kalo kalian mau ngedapetin rpm yang maksimal,kan udah banyak perangkat CDI yang di jual di TOKO AKSESORIES,
Yang ketiga ini adalah NOKEN AS atau bahasa mekaniknya CAMPSAFT
,NOKEN AS ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya pasokan bahan
bakar yang akan diproses sampai menghasilkan tenaga pada mesin motor
kalian,dalam dunia balap motor ini adalah perangkat sakti buat para
tuning mesin ,karna perangkat ini sangat-sangat sensitive jika salah korek sedikit aja motor langsung ogah lari alias lemot,para mekanik punya jurus masing-masing dalam memodifikasi NOKEN AS.
Tapi
ku punya bocoran sedikit buat kalian bro yang suka bikin kencang motor
apalagi bagi para jago balap liar,moga-moga bocoran ku ini bisa lo
terapin ama tunggangan kalian,sebelum kalian korek NOKEN AS,kalian harus paham dulu apa aja yang harus kalian perhatiin.
Pertama –tama kalian ukur camp standarnya baik yang IN maupun yang EX dengan alat ukur yang namanya SIKMAT,trus kalian catat LIFT nya berapa trus LSA
nya juga,kalau untuk motor standar korek kita tidak perlu EXTRIM untuk
memangkas campnya,cukup mengambil 0,5mm dari ukuran standar motor udah
sangar,tapi dalam hal ini kalain bro jangan salah tanggap jangan
kalian pikir kalo kalian udah pangkas CAMP nya motor lo langsung
ngacir,kalian harus (KUDU)ngukur KOMPRESI motor kalian karna CAMP yang dah kalian ubah tadi membutuhkan pasokan bahan bakar yang gak sedikit lagi,jadi OTOMATIS KOMPRESI MOTOR harus diukur ulang untuk mendapatkan POWER yang MAKSIMAL.
Setelah diubah ukur KOMPRESI menggunakan Alat ukur KOMPRESI yang dinamakan (BURED
),karna dengan mengukur KOMPRESI ulang kita dapat mengetahui
perbandingan KOMPRESI standar dengan setelah kita rubah,karna kelebihan
KOMPRESI juga gak bagus,mengakibatkan motor galak di bawah atasnya
mandek juga bisa mengakibatkan kemacetan pada SEHER (PISTON ),sebelum mencoba trik di atas alangkah baiknya kalian mempelajari dahulu cara-cara tuning CAMP agar tidak menjadi penyesalan dikemudian hari,semoga tips
yang singkat dari saya ini bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment